Ekonomi dan Finansial

Tutorial Cara Investasi Reksadana Bareksa Bukalapak dan Kalkulator Finansial

#investasi #reksadana #gayahidup
Cara pendaftaran Investasi Reksadana di Bukalapak atau ada juga di Tokopedia, ada Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dan Syailendra Dana Kas. Transaksi ini dijamin aman karena diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Pilih menu Bukareksa (Yang pasti pertama kali harus punya akun bukalapak terlebih dahulu), persiapkan KTP, KK dll. Ketika akan membuat profil bukareksa dan terakhir tanda tangan digital yang akan di verifikasi dan diproses serta disetujui lewat email. Selanjutnya akan diberi panduan untuk membeli dan bertransaksi di bukalapak. Semua data diri seperti nama, nomor e-ktp, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, agama dan alamat akan otomatis terisi, kita hanya harus mengisi nomor handphone, pendidikan terakhir, rata-rata penghasilan per tahun (berapa juta), sumber penghasilan darimana dan referensi bank seperti nama bank, cabang, nomor rekening dan nama pemilik rekening dan klik simpan. Terakhir akan muncul profil risiko dimana disitu status risikomu apakah rendah atau tingggi beserta penjelasannya.

Lalu pilih produk disitu ada:
Pasar uang: CIMB-PRINCIPAL, Syariah Mandiri
Pendapatan tetap: Syailendra, CIMB-Principal, Mandiri Investa Dana Syariah, Ashmore
Campuran: Kresna Flexima, Cipta Syariah Balance
Saham: BNP Paribas Pesona, BNP Paribas Pesona Syariah
Perbedaanya hanya terletak pada resiko, lama jangka waktu investasi (1 tahun sampai lebih dari 5 tahun) dan dimana manajemen investasi tersebut akan menginvestasikannya apakah deposito, obilgasi atau saham baik di perusahaan konvensional atau syariah. Untuk Lebih lanjutnya bisa dicari sendiri di Google.
Pilih salah satu produk, klik disitu ada grafik perubahan harga selama 7 hari, 1 bulan dan 3 bulan. Lalu jenisnya apa, berapa NAB (Nilai Aktiva Bersih)/Unit, berapa perubahan harga selama sehari sebelumnya dan siapa manajer investasinya. Jika sudah yakin beli silahkan pilih Beli dengan nominal minimal Rp10.000, Rp 50.000 sampai Rp 100.000, lalu nanti akan diperkirakan berapa unitnya.
Dengan menyetujui dan membaca isi Disclaimer dan ketentuan transaksi pembelian silahkan pilih beli dan disitu juga akan muncul berapa total yang harus dibayarkan. Bisa lewat tranfer, bukadompet, BCA klikpay, Mandiri E-cash, CIMB Clicks/Rekening Ponsel, Indomaret atau Alfamart, lalu bisa menggunakan kode voucher, lalu tinggal bayar semua biayanya.

Selanjutnya pilih menu transaksi disitu ada semua laporan transaksi pembelian maupun penjualan berisi informasi seperti status, produk, jenis, jumlah dan dokumen SKT (Surat Konfirmasi Transaksi) bisa dilihat atau di print lewat email yang mana semuanya akan diproses kurang lebih 1-2 hari kerja, maksimal 3 hari kerja dan setelatnya 7 hari kerja (tidak bisa hari yang sama atau saat itu juga)

Terakhir bisa dilihat di menu portofolio dimana tabel portofolio berisi produk, nilai dan keuntungan/pendapatan anda. Kalau masih bingung investasi dimana bisa buka menu kalkulator finansial untuk estimasi perhitungan/perkiraan keuangan anda, disitu ada mata uang, KPR dan investasi. Pilih yang investasi lalu tentukan tujuan investasi tersebut seperti menikah dll. Lalu masukan nominal Nilai Investasi Akhir (Rupiah), dan lama investasi (Tahun) dan klik cari produk bukareksa. Disana akan ada produk, berapa tabungan per bulan yang mesti disimpan/disetorkan dan perkiraan keuntungan/tahun. Hasilnya dalam setahun keuntungan berupa pembagian deviden saham/NAB (Nilai Aktiva Bersih) selain dari kenaikan harga saham per lembarnya.

Maaf, jika banyak kekurangan dalam Video ini.
Terimakasih sudah mau menonton Videonya.
Mohon like, subscribe, share atau komentari Videonya.

Work Hard, Play Hard!!! Recording with Du Screen Recorder and Smartphone Redmi 4A Xiaomi, Quad-core Max 1.40GHz, RAM 2GB, Version Android 6.0.1 Marshmallow.

Download EBook Tutorial Bisnis Versi Full PDF GRATIS. Tanpa Perlu Registrasi. Klik DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *