Ekonomi dan Finansial

‎Jokowi Harapkan Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut Bisa Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi di Kalteng

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUN-VIDEO.COM – Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) telah diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Senin (8/4/2019) sore.

Dalam peresmian dengan menandatangai prasasti dan membunyikan sirene, Jokowi didamping oleh ‎Ibu Negara Iriana, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Provinsi Kalteng, H Sugianto Sabran.

Hadir pula Kapolda Kalteng Irjen Anang Revandoko, Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, Wali Kota Palangkaraya dan jajaran Forkopimda.

Usai peresmian, Jokowi berharap terminal baru Bandara Tjilik Riwut ini bisa menjadi motor pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah. Ini terlihat dari jumlah penumpang yang meningkat sangat tinggi termasuk pula pertumbuhan Argo yang juga sangat tinggi.

“Hampir 4,5 tahun telah diselesaikan ini menyangkut anggaran kurang lebih 700 miliar yang kemudian dibebankan dianggarkan APBN kita. Artinya terminal yang saat ini, 6 kali lipat lebih besar, jadi diharapkan menjadi motor pertumbuhan ekonomi di Kalteng,” ungkap Jokowi.

Untuk diketahui, terminal baru Bandara Rjilik Riwut memiliki luas 29.124 meter persegi dan mampu menampung 2.200 orang per hari.

Dimana sebelumnya, terminal lama seluas 3.865 meter persegi hanya bisa menampung 600 orang per hari.

Maskapai yang saat ini melayani penumpang di Bandara Tjilik Riwut yakni Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Wings Air dan Transusa dengan total 34 pergerakan pesawat.

Hadirnya terminal baru diharapkan bisa menyerap aspirasi masyarakat utamanya soal penambahan rute penerbangan dari dan menuju Kalimantan Tengah.(*)

Download EBook Tutorial Bisnis Versi Full PDF GRATIS. Tanpa Perlu Registrasi. Klik DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *