Peluang Bisnis

Menjajaki Peluang Bisnis Pembibitan Tanaman

Menjajaki Peluang Bisnis Pembibitan Tanaman

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan iklim tropis menjadi limpahan rezeki bagi pebisnis tanaman buah. Kesuburan tanahnya sangat memungkinkan untuk mengembangkan usaha tanaman buah. Prospeknya sangat menjanjikan. Selain karena permintaan produksi buah yang semakin meningkat, juga tersedianya banyak lahan untuk bercocok tanam. Jenis tanaman yang dapat dipilih cukup variatif dan bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Belakangan ini tren budidaya tanaman penghijauan dan buah buahan semakin digemari masyarakat. Tren ini muncul sejalan dengan semakin sempitnya lahan di kerumunan rumah masyarakat. Alhasil banyak masyarakat yang memanfaatkan lahan pekarangannya untuk membudidayakan tanaman tersebut. Apalagi hasil budidaya tanaman tersebut memiliki nilai ekonomis.

Salah satu pelaku usaha yang mencoba peruntungan dari bisnis ini ialah mas fahim fahmi pemilik usaha Agro Sejahtera asal Rembang Ngadiluwih, Kediri Jawa Timur. Mas fahim memulai usaha ini sejak tahun 2014 lalu. Mas fahim menanam dan menjual bibit tanaman penghijauan dan buah buahan.

Jenis jenis tanaman yang dibudiayakan oleh mas fahim ialah jeruk, kopi, aren, sengon, jati dan masih banyak lagi. Mas fahim juga menjual bibit tanamannya ke seluruh nusantara. Kalau untuk wilayah jawa mas fahim langsung kirim sendiri, sedangkan untuk luar jawa mas fahim menggunakan jasa kirim barang.
Mas fahim kadang kuwalahan untuk melayani kirim tanaman ke luar jawa karena jadwal kirim yang kadang terlambat. Ketersedian stok yang dimiliki mas fahim juga terbatas sedangkang bibit terus dibutuhkan terus oleh konsumen yang membelinya. Untuk omset yang didapat oleh mas fahim ialah Rp. 500 juta per kirim ke luar jawa.

Strategi yang dilakukan mas fahim agar usahanya bisa tetap eksis dengan terus menjaga mutu bibit tanaman buah. Terutama keaslian indukan terbaik sehingga kualitas bibit sesuai dengan indukan. Mas fahim juga berusaha menjaga kepercayaan konsumen, misalnya pesanan bibit produk yang dikirim juga harus sesuai produk tersebut.
 
Selain itu, menurut mas fahim pembibitan tanaman buah sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan perhatian khusus. Yang menjadi tantangan para pelaku pembibitan baik di pasar lokal maupun luar adalah kesanggupan menyediakan bibit unggul dan bibit yang sedang tren dalam jumlah banyak dan Continue.

G+ | https://plus.google.com/105058845526041748010
Facebook | https://www.facebook.com/Le-Toen-448709012234309/

Jangan Lupa Like Dan Subscribe Channel Kami Le’ Toen untuk Video terbaru selanjutnya.

Download EBook Tutorial Bisnis Versi Full PDF GRATIS. Tanpa Perlu Registrasi. Klik DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *